5 Tips Menulis Deskripsi Produk Bisnis Yang Memikat

4 Tips Menulis Deskripsi Produk Bisnis yang Memikat

5 Tips Menulis Deskripsi Produk Bisnis Yang Memikat

4 Tips Menulis Deskripsi Produk Bisnis yang Memikat

FEBI NURMINA SARI November 2, 2020

Tips menulis deskripsi produk menjadi informasi paling penting bagi pemilik bisnis. Deskripsi sendiri merupakan informasi mengenai penjelasan barang mulai dari spesifikasi, cara penggunaan, kelebihan, hingga komposisi bahan. Penulisannya tidak bisa dilakukan dengan asal karena harus menarik pelanggan untuk membelinya.

Tidak hanya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan, melalui deskripsi ini pelanggan juga akan penasaran akan apa yang disediakan. Informasi yang jelas dan lugas akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelanggan dalam memilih barang atau jasa paling tepat untuk mereka gunakan.

Tips Menulis Deskripsi Produk yang Tepat

Sebelum menuliskan deskripsi perusahaan Anda, alangkah baiknya memahami arti penting tulisan terlebih dahulu. Pasalnya, melalui deskripsi yang tepat dapat membantu meningkatkan penjualan barang dan jasa. Sehingga membantu meningkatkan ratting perusahaan. Berikut cara menulis informasi produk tepat guna.

  1. Mengenali Konsumen Anda

Tips menulis deskripsi produk yang pertama adalah dengan mengenali target konsumen Anda. cara ini dilakukan dengan mencari tahu bagaimana karakter pengguna. Cari informasi terkait apa dicari dan butuhkan, website atau sosial media apa saja yang kerap kali dikunjungi.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengenali betul bagaimana gaya bahaya konsumen. Hal ini dilakukan untuk membangun kelancaran komunikasi agar proses penyampaian informasi data diterima. Gaya bahasa sangat dipengaruhi oleh usia, selera humor, hingga reputasi brand yang ingin Anda bangun.

  1. Fokuskan Pada Kegunaan Produk

Setelah mengenali karakter konsumen, maka Anda cukup fokus pada kegunaannya. hal ini akan menggambarkan mengenai hal apa saja yang didapatkan pelanggan. pasalnya, pelanggan cenderung mencari kegunaan dan manfaat yang dapat dirasakan baru kemudian tertarik untuk menggunakan.

Namun, sesekali Anda juga harus menuliskan deskripsi lengkap jasa. hanya saja jangan ditulis secara utuh karena informasi hanya digunakan pengguna sebagai pertimbangan saja. Adanya deskripsi saja tidak dapat menarik minat pembeli untuk menggunakan layanan perusahaan.

  1. Gunakan Gaya Bahasa Natural

Tips menulis deskripsi produk lainnya adalah menggunakan gaya bahasa natural. Pastikan jika bahasanya luwes, enak dibaca, mengalir, dan menyedot perhatian pengguna. Jangan sampai terlihat kaku seperti robot saat diucapkan. Pemilihan gaya bahasa yang tepat akan memudahkan brand terhubung dengan konsumen.

Penggunaan gaya bahasa natural juga diharapkan mampu membuat pengguna lebih memahami akan isi informasi. Namun, Anda juga harus melakukan pengembangan yakni penggunaan kata-kata lebih variatif. Hal ini bertujuan agar tulisan tidak terkesan monoton di mata pelanggan.

  1. Gunakan Prinsip SEO

Prinsip SEO juga begitu penting dalam penulisan informasi produk. Hal ini memudahkan website atau postingan terindeks oleh mesin pencari. Alhasil pengguna semakin mudah dalam menemukan barang atau jasa. Anda bisa menggunakan bantuan tools keyword research secara gratis layaknya harga penulisan artikel untuk temukan pilihan keywordnya.

Tips diatas bisa digunakan untuk meningkatkan rating penjualan di mata konsumen. Buatlah informasi produk dengan singkat, padat, dan jelas. Tulis juga kegunaan produk dengan jujur sesuai dengan kualitasnya. Sehingga tips menulis deskripsi produk bisa digunakan sesuai kepentingan dan kondisi produk yang dijual.