Cara Cek Tagihan lewat Aplikasi dan Website Resmi PLN

Cara Cek Tagihan lewat Aplikasi dan Website Resmi PLN

Cara Cek Tagihan lewat Aplikasi dan Website Resmi PLN

Cara Cek Tagihan lewat Aplikasi dan Website Resmi PLN

FEBI NURMINA SARI June 15, 2020

Website resmi seperti website resmi PLN saat ini tidak hanya digunakan untuk mendapatkan informasi secara umum namun juga bisa untuk membayar tagihan. Dengan cara ini, proses pengecekkan akan menjadi lebih mudah dibandingkan harus datang langsung ke kantor PLN. Apalagi jika Anda termasuk orang yang memiliki fleksibilitas tinggi sehingga tidak sempat untuk datang langsung ke kantor PLN.

Cara Cek Tagihan lewat Aplikasi dan Website Resmi PLN
Cara Cek Tagihan lewat Aplikasi dan Website Resmi PLN

Jenis Pembayaran Listrik

Sebelum Anda mengecek tagihan Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah penerapan instalasinya yaitu prabayar dan pascabayar. Keduanya memiliki sistem pembayaran yang berbeda.

Jika Anda menggunakan listrik prabayar, maka pembayaran listrik berdasarkan pada pulsa atau token. Dengan begitu, penggunaan listrik juga sesuai berdasarkan pada token atau pulsa yang sudah dibeli sebelumnya. Penggunaan pulsa ini sudah banyak dipilih. Tidak heran jika pada akhirnya banyak pihak juga yang menyediakan jasa untuk pulsa prabayar. Baik dengan menggunakan media sosial ataupun situs yang dibuat jasa buat web terpercaya.

Sedangkan untuk pembayaran pasca bayar, dilakukan sesudah 1 bulan pemakaian. Jadi, Anda tidak tahu berapa jumlah tagihan yang Anda harus bayarkan. Untuk mengetahuinya ada beberapa cara dan salah satunya adalah dengan menggunakan website resmi PLN.

Cara Pengecekan Tagihan

Untuk pengecekan tagihan, ada beberapa cara mulai dari menggunakan website resmi milik PLN hingga e-commerce. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini:

  • Lewat Website PLN
  1. Buka website PLN terlebih dahulu untuk memulai pengecekan tagihan. Jangan lupa ID pelanggan Anda, jika Anda belum memilikinya, ada baiknya Anda buat terlebih dahulu.
  2. Setelah itu masuk ke info rekening dan ke tagihan. Masukkan nama serta ID pelanggan Anda dan nantinya Anda akan mendapati informasi mengenai berapa tagihan yang harus dibayarkan untuk bulan tersebut.
  • Aplikasi PLN

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi PLN. Jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut, Anda bisa langsung mengunduh di Playstore atau Appstore terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi PLN tersebut kemudian masuk. Anda bisa mendaftar terlebih dahulu atau dengan login atau bisa masuk tanpa login. Jika Anda merupakan pengguna aplikasi yang lama, Anda bisa memilih migrasi user.
  2. Jika Anda mendaftar, masukkan data diri sesuai dengan yang ada di form aplikasi kemudian klik simpan.
  3. Setelah itu, Anda akan masuk ke aplikasi. Di bagian bawah profil, akan langsung tertera tagihan listrik yang harus Anda bayarkan.
  4. Jika Anda masuk tanpa login, maka klik bagian icon informasi. Kemudian pilih informasi tagihan dan token listrik.
  5. Anda akan mendapati kolom untuk memasukkan nomor pelanggan atau nomor meter Anda. masukkan datanya lalu klik cari. Nantinya akan tertampilkan tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Dengan cara pengecekan di aplikasi atau di website resmi PLN tersebut, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga Anda karena tak perlu lagi ke kantor PLN. Semoga informasi ini membantu Anda.