Cara Mengatasi Writers Block Untuk Hasilkan Konten Berkualitas

Cara Mengatasi Writers Block untuk Hasilkan Konten Berkualitas

Cara Mengatasi Writers Block Untuk Hasilkan Konten Berkualitas

Cara Mengatasi Writers Block untuk Hasilkan Konten Berkualitas

FEBI NURMINA SARI November 2, 2020

Cara mengatasi writers block harus menjadi kemampuan utama setiap penulis. Mengingat penulis kerap kali mengalami kebuntuan dalam menyalurkan ide-ide kreatifnya. Kondisi ini umum dan normal terjadi bagi semua penulis bahkan penulis besar. Namun, meskipun normal adanya tapi tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Writer block dapat terjadi karena beberapa hal mulai dari kurangnya imajinasi, kurangnya aliran ide segar, hingga rasa takut yang kerap kali mengancam. Proses ini harus segera dituntaskan untuk tetap menghasilkan karya dan meskipun melalui proses yang sangat sulit dalam ciptakan ide segar.

Cara Atasi Writer Block Bagi Penulis

Sampai saat ini penulis besar juga pasti mengalami writer block. Namun, jika Anda kerap mengalami hal tersebut ada baiknya kini segera cari solusi untuk mengatasi writers block. Berikut beberapa cara yang bisa diaplikasikan setiap kali Anda mengalami kebuntuan ide dalam menulis.

  1. Perbanyak Membaca

Penyebab utama terjadinya writer block bagi penulis artikel adalah kurangnya membaca. Sehingga membuat penulis sulit melanjutkan, menyampaikan setiap aliran idenya. Membaca dan menulis sendiri merupakan dua hal yang beriringan dan tidak bisa dipisahkan. Semakin banyak membaca maka semakin mudah Anda dalam merangkai kata demi katanya.

Mengatasi writers block dengan membaca begitu mudah. Jadikan membaca menjadi kebiasaan setiap hari bukan kala kebuntuan tengah menyerang. Luangkan waktu selama 10 menit setiap harinya maka Anda akan mendapatkan banyak kosakata baru untuk kepentingan tulisan.

  1. Mulailah Dengan Kerangka

Cara mengatasi writers block yang cukup efektif selanjutnya adalah membuat kerangka tulisan. Kerangka ini dapat dijadikan sebagai acuan ketika kebuntuan datang. Tidak perlu menulis secara detail, cukup cantumkan poin-poin tulisan saja. kerangka ini nantinya akan menjadi petunjuk saat Anda mulai bingung dalam melanjutkan tulisan.

  1. Menulis Apa Saja Tanpa Perduli Segala Hal

Kebanyakan penulis mengalami writer block dikarenakan ketakutan atas apa yang mereka tuliskan. Takut menyinggung, takut omongan orang, hingga akhirnya tidak jadi menuliskan ide di kepala. Oleh karena itu, mulailah berlatih menulis dengan bebas tanpa memperdulikan hasilnya terlebih dahulu.

Tanamkan prinsip menulis hanya untuk menulis bukan untuk memuaskan mereka. Tidak perlu memperdulikan hal lain cukup fokus pada jari jemari yang menekan keyboard. Dengan cara ini maka Anda akan bisa menghasilkan segala jenis karya sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Baca juga tips menulis deskripsi produk

  1. Mengganti Posisi Menulis

Penyebab lain munculnya kebuntuan adalah bosan dengan suasana menulis. Setiap penulis pasti memiliki gaya nyamannya masing-masing. Semakin nyaman sebuah lokasi maka ide dapat mengalir dengan lebih cepat. oleh karena itu, mulai rubah posisi menulis kerap kali mengalami kebuntuan.

Writer block memang menjadi hambatan utama setiap penulis. Namun, Anda harus selalu berjuang untuk mencari solusi dalam mendobrak kebuntuan tersebut. Jangan sampai ide segar terhalang hanya karena kebuntuan semata. Gunakan cara mengatasi writers block di atas untuk tetap hasilkan karya istimewa.