Desain logo yang benar

Desain Logo yang Benar untuk Strategi Bisnis

Desain logo yang benar

Desain Logo yang Benar untuk Strategi Bisnis

FEBI NURMINA SARI November 17, 2020

Bagaimana cara membuat desain logo yang benar? Berawal dari pertanyaan sederhana ini, kita akan mengupas beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membuat logo. Logo bukan sekadar gambar pemanis, lebih dari sebatas pelengkap identitas bisnis. Peran dan fungsi logo jauh lebih penting dari itu.

Membuat desain logo pun memerlukan pertimbangan banyak faktor yang diambil dari berbagai sudut pandang. Dari dalam, logo harus sesuai dengan profil perusahaan. Logo juga harus efektif untuk dipublikasikan sesuai dengan tujuannya. Hasil maksimal hanya bisa diraih dengan desain logo yang memenuhi kriteria-kriteria berikut :

 

Cara Membuat Desain Logo yang Benar

 

  • Representasi Perusahaan

Desain logo yang benar harus berhasil mewakili perusahaan. Dalam publikasi, logo dan nama perusahaan adalah dua identitas unik yang harus Anda miliki. Tidak selamanya nama perusahaan Anda bisa dicantumkan di media publikasi. Saat penyelenggaraan event misalnya, sebagai salah satu sponsor, logo Anda akan dicantumkan di spanduk, brosur, dan media-media lainnya.

Dengan demikian, logo pun harus mampu menjadi representasi perusahaan. Hanya dalam sebuah logo, Anda harus menunjukkan identitas bisnis Anda pada masyarakat. Siapa yang menyangka bahwa sebuah logo yang begitu sederhana bisa mengandung makna dan tujuan yang begitu besar. Logo yang baik adalah logo yang representatif, sesuai dengan profil dan karakter perusahaan.

 

  • Sesuai Target Konsumen

Tidak hanya sesuai dengan profil bisnis, desain logo yang benar juga harus relevan dengan target konsumen. Produk Anda pasti mempunyai segmen pasar tertentu. Hal ini bisa dinilai dari banyak hal seperti rentang usia, jenis kelamin, profesi, dan lain sebagainya. Logo pun harus didesain sesuai dengan target konsumen yang sudah Anda tetapkan.

Kalau Anda menargetkan konsumen wanita, gunakan warna-warna yang kalem dan feminim seperti merah muda. Logo berwarna kombinasi merah-hitam dan bernuansa maskulin paling cocok untuk konsumen pria. Begitu juga dengan target konsumen yang lain. Logo Anda harus sesuai dengan selera mereka.

 

  • Efektif untuk Branding dan Promosi

Kalau Anda ingin membuat desain logo yang benar, perhatikan unsur-unsur pemasaran. Ada efek psikologi yang dihasilkan dari sebuah logo. Jika bisnis Anda bergerak di sektor kuliner, desain logo Anda harus mampu membangkitkan rasa lapar dan keinginan untuk mencicipi makanan yang Anda tawarkan. Lain halnya jika Anda menjual produk fashion dan kosmetik, prestige dan gaya hidup adalah senjata andalan Anda.

Apa pun itu, logo harus bisa membantu Anda dalam menjual produk dan jasa. Pelajari unsur-unsur marketing dalam desain grafis, kemudian terapkan ke dalam logo Anda. Buatlah logo yang membuat siapa pun yang melihatnya tertarik untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

 

Jangan Terburu-buru dalam Membuat Desain Logo yang Benar

Proses pembuatan desain logo memang memerlukan waktu dan usaha. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan terburu-buru dalam setiap prosesnya. Luangkan lebih banyak waktu untuk melakukan riset dan uji kualitas. Cari inspirasi dari situs-situs yang memuat contoh desain website, desain logo, dan topik-topik serupa. Kerjakan dengan teliti, maka Anda akan mendapatkan desain logo yang benar sesuai kriteria yang dibutuhkan untuk menunjang strategi bisnis.