6 Poin Penting Desain Interior Kantor Minimalis Modern

6 Poin Penting Desain Interior Kantor Minimalis Modern

6 Poin Penting Desain Interior Kantor Minimalis Modern

6 Poin Penting Desain Interior Kantor Minimalis Modern

FEBI NURMINA SARI December 8, 2020

Desain interior kantor minimalis modern banyak dipilih karena sederhana, hemat biaya dan terlihat terkini. Konsep interior ini cocok untuk kantor yang ada di kota, ahensi, mengedepankan teknologi dan start up.

Walaupun bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis kantor, akan tetapi, Anda harus memperhatikan hal ini sebelum mengaplikasikannya.

  • Furniture

Untuk melengkapi tata ruang kantor, maka Anda membutuhkan furniture yang tepat. Jenis furniture untuk desain interior kantor minimalis modern adalah furniture yang minimalis dengan model sederhana.

Biasanya, bentuk furniture yang pas untuk konsep modern adalah kotak, bulat dengan bahan dari besi hollow, multipleks, aluminium. Warna furniture bisa beragam namun umumnya menggunakan warna hitam atau warna logam.

6 Poin Penting Desain Interior Kantor Minimalis Modern
6 Poin Penting Desain Interior Kantor Minimalis Modern
  • Penutup Lantai

Di bagian lantai, Anda bisa menggunakan penutup lantai menggunakan vinyl, parquet bahkan menggunakan keramik sekalipun. Anda bisa juga menggunakan karpet. Sayangnya, jika menggunakan karpet, Anda harus rajin membersihkannya karena karpet cenderung butuh perawatan ekstra.

Jika pun Anda hendak menggunakan karpet, gunakan di ruangan tertentu. Misalnya di ruangan para petinggi perusahaan, ruang santai atau ruang ibadah.

  • Open Space

Konsep ruang terbuka tanpa sekat umum digunakan untuk kantor modern minimalis. Fungsi dari ruangan tanpa sekat ini adalah:

  1. Memberikan kesan ruangan lebih luas dibandingkan yang sebenarnya.
  2. Membuat karyawan berinteraksi dengan lebih leluasa.

Dalam menentukan konsep ruang terbuka ini, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan sekat. Gunakan sekat untuk ruangan tertentu saja. misalnya ruang rapat, ruang untuk menerima tamu. Dengan begitu, privasi tetap terjaga dengan baik dan orang lain juga tidak terganggu.

  • Plafon

Anda bisa memilih plafon untuk kantor minimalis modern dengan sedikit expose di bagian langit-langit. Konsep ini bisa membantu memberikan kesan lebih kasual.

  • Aksesoris

Sesuai dengan konsepnya, minimalis modern, maka aksesoris atau dekorasi tambahan di kantor haruslah tidak berlebihan. Ketika terlalu berlebihan, interior justru terlihat lebih sesak dan penuh.

Pilih beberapa aksesoris atau dekorasi yang sesuai dengan konsep ruangan. Sebagai alternative, Anda bisa menggunakan tanaman hias, akuarium untuk melengkapi bagian dalam ruang agar terlihat segar dan tidak monoton.

  • Perhatikan Warnanya

Jangan lupa untuk memperhatikan warna yang akan digunakan di kantor. Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa desain interior profesional yang juga menawarkan layanan interior.

Setidaknya, warna berikut ini bisa menjadi pilihan untuk Anda:

  1. Putih: warna netral dan bisa dikombinasikan dengan warna apapun dan memiliki kesan bersih dan terang.
  2. Kombinasi coklat dan abu-abu yang banyak digunakan untuk konsep hunian atau kantor minimalis.
  3. Hitam bisa menjadi warna pelengkap dan bukan warna dominan agar ruangan tidak terkesan gelap dan kusam.
  4. Kombinasi hijau dan biru untuk memberikan kesan yang lebih hidup dan sejuk sehingga mood bekerja bisa terjaga.

Dengan memperhatikan 6 hal tersebut, desain interior kantor minimalis modern bisa Anda aplikasikan dengan baik.